Hukum Membuang Mubtada dan Khabar serta Ketentuan-Ketentuan Lain
Ketentuan Lain dari Khabar
Zharaf zaman tidak boleh dijadikan khabar bagi dzat (manusia) karena itu tidak boleh dikatakan:
زَيْدُ اْليَوْمَ = Zaid Pada hari ini
Akan tetapi, boleh dijadikan khabar dari makna, yaitu pengertian yang tidak tetap, seperti contoh berikut:
الصَّوْمُ اْليَوْمَ = Puasa itu pada hari ini
السَّفَرُ غَدًا = Berpuasa itu besok
Dan seperti perkataan mereka dari kalangan ahli nahwu:
اللَّيْلَةَ اْلهِلَالُ = Pada malaة ini ada hilal. Contoh seperti ini harus ditakwilkan maknanya. Begini bentuk lengkapnya: اللَّيْلَةُ رُؤْيَةُ اْلهِلَالِ = Hilal muncul malam ini.
Khabar itu boleh berbilang, seperti dalam contoh berikut:
زَيْدٌ كَاتِبٌ شَاعِرٌ = Zaid penulis dan penyair
Juga seperti yang terdapat dalam firman Allah ta’ala:
وَهُوَ اْلغَفُوْرُ اْلوَدُوْدُ ذُوْ اْلعَرْشِ اْلمَجِيدُ فَعَّالٌ لِّمَا يُرِيْدُ
“Dialah yang Maha Pengampun lagi Maha Pengasih, yang mempunyai singgahsana, lagi maha mulia. Maha Kuasa berbuat apa yang dikehendaki-Nya". (Al-Buruuj: 14-16)
Keterangan :
Lafazh هُوَ merupakan mubtada, sedangkan khabarnya adalah lafazh-lafazh berikut: اْلغَفُوْرُ اْلوَدُوْدُ ذُوْ اْلعَرْشِ اْلمَجِيدُ فَعَّالٌ لِّمَا يُرِيْدُ
Terkadang khabar itu mendahului mubtada secara jawaz (boleh).
فِي الدَّارِ زَيْدٌ = Di dalam rumah ada Zaid.
Lafazh زَيْدٌ merupakan mubtada yang diakhirkan dan lafazh فِي الدَّارِ merupakan khabar yang didahulukan untuk tujuan thaksish (menegaskan bahwa Zaid ada di dalam rumah bukan ditempat lain).
Dan terkadang diwajibkan mendahului khabar atas mubtada.
أَيْنَ زَيْدٌ = Dimanakah Zaid?
Lafazh زَيْدٌ merupakan mubtada yang diakhirkan dan lafazh أَيْنَ menjadi khabar yang didahulukan secara wajib dan tidak boleh diakhirkan. Oleh karena itu, tidak boleh mengakan زَيْدٌ أَيْنَ, karena istifham (kata Tanya) itu harus menjadi shadrul kalam (diletakkan di awal pembicaraan).
إِنَّمَا عِنْدَكَ زَيْدٌ = Sesungguhnya disisimu hanya ada zaid.
Lafazh زَيْدٌ merupakan mubtada yang diakhirkan dan lafazh عِنْدَكَ menjadi khabar yang didahulukan secara wajib dengan maksud hendaknya mubtada dimahshur dengan oleh huruf hashr, yaitu innama, yang berarti disampingmu hanya ada si Zaid, tidak ada orang lain.
Dan firman Allah ta’ala:
اَمْ عَلَى قُلُوْبٍ اَقْفَالُهَا = “ataukah hati mereka terkunci?” (Muhammad: 24)
Lafazh اَقْفَالُهَا merupakan mubtada yang diakhirkan, sedangkan lafazh عَلَى قُلُوْبٍ adalah khabar yang wajib didahulukan agar tidak mengharuskan ada dhamir merujuk kepada hal yang diakhirkan lafazh dan urutannya. Atau dengan kata lain, lafazh عَلَى قُلُوْبٍ merupakan khabar yang didahulukan dan tidak boleh diakhirkan karena ada dhamir yang muttashil dengan mubtada, yaitu dhamir ha, kembali kepada lafazh قُلُوْبٍ yang menjadi khabar yang didahulukan.
فِي الدَّارِ رَجُلٌ = Di dalam rumah ada seorang laki-laki.
Lafazh ini mubtadanya dalam bentuk nakirah serta tiada sesuatu hal pun yang membolehkannya kecuali khabar harus didahulukan, sedangkan khabar terdiri atas zharaf atau jar majrur.
Hukum Membuang Mubtada dan Khabar
Mubtada dan khabar itu terkadang dua-duanya boleh dibuang, seperti dalam firman Allah ta’ala:
سَلَامٌ قَوْمٌ مُنْكَرُوْنَ = “salaamun – kalian – adalah orang-orang yang tidak dikenal”. (adz -Dzaariyat: 25).
Ini bentuk lengkapnya:
سَلَامٌ عَلَيْكُمْ أَنْتُمْ قَوْمٌ مُنْكَرُوْنَ = Kesejahteraan dilimpahkan atas kalian. Kalian adalah orang-orang yang tidak dikenal.
Khabar wajib dibuang pada empat keadaan, yaitu:
- Sesudah
lafazh لَوْلاَ .
Perhatikan con toh beriku t:لَوْلاَ أَنْتُمْ لَكُنَّا مُؤْمِنِيْنَ = “Kalaulah tidak karena kalian, tentulah kami menjadi orang-orang beriman”. (Saba’: 31).
Bentuk lengkapnya adalah: لَوْلاَ أَنْتُمْ مَوْجُوْدُوْنَ لَكُنَّا مُؤْمِنِيْنَ.Lafazh yangdibuang adalah مَوْجُوْدُوْنَ. - Sesudah qasam (sumpah) yang jelas.
Seperti:
لَعُمْرُكَ إِنَّهُمْ = Demi umurmu, sesungguhnya mereka adalah….
Bentuk lengkapnya adalah: لَعُمْرُكَ قَسَمِيْ = Demi umurmu sebagai sumpahku. Lafazh عُمْرُكَ menjadi mubtada, dan lafazh قَسَمِيْ menjadi khabar yang tidak boleh disebutkan. - Sesudah
wawu ma’iyyah .
Seperti:
كُلُّ صَانِعٍ وَمَا صَنَعَ = Setiap yang berprofesi dengan profesinya selalu berbarengan.
Bentuk lengkapnya adalah: كُلُّ صَانِعٍ وَمَا صَنَعَ مَقْرُوْنَانِ = Setiap yang berprofesi dengan profesinya selalu berbarengan.
Lafazh كُلُّ menjadi mubtada, sedangkan lafazh وَمَا صَنَعَ diathafkan kepada lafazh كُلُّ, dan khabarnya dibuang. - Sebelum haal yang tidak patut menjadi khabar.
Sepertidalam contoh :
ضَرْبِيْ زَيْدًا قَائِمًا = Pukulanku pasti menimpa Zaid apabila dia berdiri.
Bentuk lengkapnya adalah: ضَرْبِيْ زَيْدًا إِذَا كَانَ قَائِمًا = Pukulanku pasti menimpa Zaid apabila dia berdiri.
Lafazh ضَرْبِيْ, berkedudukan sebagai mubtada, lafazh زَيْدًا menjadi ma’mul (maf’ul) mubtada, sedangkan lafazh قَائِمًا menjadi haal yang menduduki tempat khabar, khabarnya wajib dibuang. Yang menjadi patokan dalam hal ini ialah, hendaknya mubtada merupakan mashdar yang dapat beramal, atau lafazh yang di-idhafah-kan kepada mashdar, sedangkan lafazh sesudahnya berupa haal yang menduduki tempat khabar, dan haal itu sendiri tidak patut menjadi khabar. Maka khabar wajib dibuang karena ada haal yang telah menduduki tempatnya.
Terimakasih telah membaca artikel tentang Hukum Membuang Mubtada dan Khabar serta Ketentuan-Ketentuan Lain, semoga bermanfaat.
loading...
0 Response to "Hukum Membuang Mubtada dan Khabar serta Ketentuan-Ketentuan Lain"
Post a Comment